Green Update

Siswa Mentari Intercultural School Jakarta Mengatasi Krisis Air dan Perubahan Iklim Melalui Penanaman Mangrove

Sebuah langkah proaktif telah diambil oleh siswa-siswa dari Mentari Intercultural School Jakarta untuk mengatasi tantangan krisis air dan perubahan iklim yang semakin meresahkan. Sebagai bagian dari tugas proyek mereka, siswa-siswa tersebut telah aktif terlibat dalam kegiatan penanaman mangrove yang berlangsung pada hari Sabtu, 10 Februari 2024. Dengan kepedulian mendalam terhadap lingkungan dan kesadaran akan pentingnya menjaga ekosistem pesisir, siswa-siswa dari berbagai tingkat kelas turut ambil bagian dalam proyek ini. Dipimpin oleh tim dari Mangrove Jakarta Community yang berdedikasi, mereka bergerak bersama-sama untuk mewujudkan perubahan positif dalam memerangi dampak buruk dari perubahan iklim.

 

Mangrove dipilih sebagai fokus utama karena peran vitalnya dalam menjaga kelestarian lingkungan pesisir. Dengan sistem akar yang kuat, mangrove mampu menahan erosi tanah, melindungi pantai dari badai dan gelombang besar, serta menyediakan habitat penting bagi berbagai spesies laut. Kegiatan penanaman mangrove ini bukan hanya sekedar upaya konservasi, tetapi juga merupakan langkah konkrit dalam menghadapi tantangan perubahan iklim. Dengan menyadari bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang rentan terhadap dampak perubahan iklim, siswa-siswa Mentari Intercultural School Jakarta merasa terdorong untuk bertindak nyata.

Paundra Hanutama selaku Founder dari Mangrove Jakarta Community menyatakan, “Kami sangat bangga melihat semangat dan dedikasi yang ditunjukkan oleh para siswa Mentari Intercultural School Jakarta dalam proyek ini. Mereka tidak hanya belajar tentang perubahan iklim dan krisis air dari buku pelajaran, tetapi mereka juga secara aktif terlibat dalam solusi nyata untuk masalah tersebut.” “Harapan kami kedepannya semoga ini menjadi contoh bagi generasi Alpha lainnya untuk terlibat dalam visi penyelamatan hutan mangrove khususnya di Jakarta ini”. tutupnya.

Komitmen siswa-siswa ini dalam menjaga lingkungan sejalan dengan visi Mentari Intercultural School Jakarta untuk mencetak generasi pemimpin masa depan yang bertanggung jawab dan peduli terhadap lingkungan. Langkah-langkah konkret seperti penanaman mangrove ini diharapkan dapat menginspirasi lebih banyak individu dan lembaga pendidikan untuk turut serta dalam upaya melawan perubahan iklim.  Dengan upaya kolektif dan tindakan nyata, siswa-siswa Mentari Intercultural School Jakarta membuktikan bahwa generasi muda memiliki peran penting dalam menjaga keberlanjutan bumi kita. Melalui kegiatan seperti ini, mereka tidak hanya menjadi bagian dari solusi, tetapi juga menjadi harapan bagi masa depan yang lebih baik.

Related posts

Kontribusi Nyata PT. KAI Logistik Dalam Menjaga Kelestarian Ekosistem Pesisir Jakarta

editorweb

Peduli Terhadap Isu Perubahan Iklim, Financial Institutions Group PT. Bank CIMB Niaga Tanam Mangrove

editorweb

Perayaan Ulang Tahun ke-165 PT Brinks Solution Indonesia dengan Penanaman 165 Mangrove Rhizophora Mucronata

editorweb

Leave a Comment