Green Update

Berkolaborasi Dengan Mahasiswa Teknik Kimia UI, Komunitas Mangrove Jakarta Kembali Melaksanakan Penanaman 250 Bibit Mangrove Di Taman Ekowisata Mangrove PIK.

Dampak dari perubahan iklim dan penurunan permukaan lahan di daerah pesisir Ibukota Jakarta diprediksi akan tenggelam pada tahun 2030, ancaman tersebut tentunya dapat kita hindari dengan solusi melakukan aksi penanaman bibit mangrove yang diadakan secara rutin oleh komunitas Mangrove Jakarta yang didirikan oleh Paundra Hanutama, Kegiatan kali ini dilakukan dengan Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Indonesia Angkatan 2021.

Kegiatan ini bertujuan dapat memberikan pengetahuan dan kesadaran mengenai pentingnya konservasi ekosistem mangrove didaerah pesisir Jakarta khususnya 250 bibit mangrove yang telah disiapkan lalu dimulai dengan melakukan pemberian edukasi, simulasi dan persiapan bibit mangrove oleh Aktifis Lingkungan Hidup dan juga Dive Master Ampunghuang R. Patriadi. Kemudian, bibit dipindahkan ke lokasi tanam. Sementara itu, dilakukan persiapan galian untuk menanam bibit sebelum melakukan penanaman, Founder komunitas Mangrove Jakarta dan perwakilan dari Teknik Kimia UI memberikan sambutan sebelum acara dimulai.

 

Rangkaian acara ini akan diselenggarakan pada tanggal 11 Desember 2021 di Taman Ekowisata  Mangrove PIK, DKI Jakarta. Pelaksanaan kegiatan ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan mewajibkan semua peserta memakai masker, mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer dan juga menjaga jarak guna menghindari penyebaran virus Covid-19 demi menjaga keselamatan masing-masing partisipan.

 

Pohon mangrove adalah tanaman yang sangat unik. berbeda dengan tanaman yang lainnya, selain itu, fungsi pohon mangrove benar-benar unik dan sangat banyak. Seperti menstabilkan permukaan pulau yang akan tetap terjaga karena jika tidak ditanami mangrove beberapa tahun ke depan pulau tersebut akan semakin mengecil dan mengalami abrasi disekitaran pantai, Mangrove tidak hanya untuk melindungi tapi berperan penting terhadap penyerapan karbon yang dapat memengaruhi perubahan iklim atau pemanasan global, Ucap Paundra Hanutama selaku Founder Komunitas Mangrove Jakarta “Kegiatan konservasi yang rutin ini sangat bagus dilakukan secara berkelanjutan dan komitmen penuh untuk kelangsungan hidup ekosistem mangrove dan biota laut, Terima kasih sudah melibatkan komunitas kami untuk melakukan penanaman ini”, Tutupnya.

 

 

Related posts

Peringati Hari Maritim Nasional 2021, Mangrove Jakarta Wujudkan Lingkungan Asri Dengan Menanam 10,000 Bibit Mangrove

editorweb

Memperingati Hari Hutan Indonesia, KMPG Indonesia Bersama Komunitas Mangrove Jakarta Menanam 500 Mangrove di Ekowisata PIK

editorweb

Sony Indonesia bersama Komunitas Mangrove Jakarta Menanam 500 Rhizopora  Sebagai Bentuk Kepedulian Terhadap Lingkungan

editorweb

Leave a Comment