Green Update

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Sinarmas LDA Maritime Ajak Pemuda untuk Tanam Mangrove

JAKARTA – Sinarmas LDA Maritime (SLM) merupakan penyedia jasa logistik terpadu dan perusahaan pelayaran yang menawarkan jasa pengangkutan kargo curah dan layanan pelabuhan di seluruh Indonesia. Selain berfokus pada bisnis di bidang logistik perkapalan, Sinarmas LDA Maritime juga membuktikan keterlibatannya dalam rangka pelestarian lingkungan melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR).

Salah satu upaya pelestarian lingkungan dapat diwujudkan dengan penanaman mangrove dimana Indonesia memiliki potensi besar dilihat dari segi total luasan hutan mangrove. Berdasarkan data One Map Mangrove Indonesia per September 2022, luasan hutan mangrove yang dimiliki Indonesia mencapai 3,3 juta hektar atau setara dengan 20% dari total luasan hutan mangrove dunia.

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober tiap tahunnya, Sinarmas LDA Maritime menyelenggarakan kegiatan CSR menanam mangrove pada Sabtu (29/10/2022). Kegiatan ini diselenggarakan di Kawasan Ekowisata Mangrove PIK, Jakarta, dan menggandeng Komunitas Mangrove Jakarta dalam penyelenggaraannya.

Sinarmas LDA Maritime dan Komunitas Mangrove Jakarta melakukan inisiatif menjaga ekosistem mangrove dengan melibatkan para staff dalam melakukan penanaman sebanyak 100 bibit mangrove jenis Rhizopora mucronata. Kegiatan yang dilaksanakan sehari setelah perayaan Sumpah Pemuda ini diharapkan dapat memberikan manfaat khususnya dalam hal meminimalisir dampak perubahan iklim di dunia.

Kegiatan penanaman ini diawali sambutan yang diberikan oleh CEO Sinarmas LDA Maritime Matthieu Lavoine dan Founder dari Komunitas Mangrove Jakarta Paundra Hanutama. Para partisipan dari Sinarmas LDA Maritime juga diberikan pengetahuan tentang ekosistem mangrove, manfaat serta cara menanam mangrove sebelum terjun langsung menanam mangrove bersama tim Komunitas Mangrove Jakarta.

CEO Sinarmas LDA Maritime Matthieu Lavoine mengungkapkan dukungannya dalam kegiatan penanaman mangrove ini. Keberadaan mangrove sendiri sangat essensial sebagai penghasil oksigen (O2), penyerap gas karbondioksida (CO2) dan pencegahan abrasi. Hal inilah yang menjadi alasan pentingnya dilakukan pelestarian mangrove untuk kelestarian lingkungan hidup.

“Melalui kerja sama yang dilakukan antara Sinarmas LDA Maritime dan Komunitas Mangrove Jakarta ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi nyata bagi pelestarian lingkungan melalui penanaman mangrove. Kami berharap kegiatan ini dapat menginspirasi para pemuda dalam kegiatan pelestarian lingkungan karena langkah yang kita lakukan saat ini akan memberikan manfaat bagi anak cucu kita kelak,” jelas Matthieu.

Di sisi lain, Founder Komunitas Mangrove Jakarta Paundra Hanutama mengungkapkan, “Penanaman bersama tim Sinarmas LDA Maritime ini telah berjalan dengan baik. Tentunya saya sebagai Founder komunitas ini berharap akan ada banyak lagi perusahaan-perusahaan yang peduli terhadap ekosistem mangrove dengan melakukan penanaman mangrove kedepannya. Mari kita selamatkan hutan mangrove melalui hal-hal kecil dan berdampak besar yaitu dengan tidak membuang sampah sembarang dan bersikap bijaksana dalam pengunaan plastik”.

Related posts

Mengatasi Penurunan Kualitas Lingkungan Mangrove di Jakarta: Solusi dan Aksi Nyata untuk Kelestarian Lingkungan

editorweb

Peringati Hari Menanam Sejuta Pohon, AdaKami Melakukan Aksi Tanam 500 Pohon Bersama Komunitas Mangrove Jakarta

editorweb

Peduli Lingkungan Hidup, Komunitas Mangrove Jakarta Kembali Menanam Sebanyak 50 Bibit Mangrove Bersama SHAIA Beauty

editorweb

Leave a Comment