Green Update

Perayaan FIBA 2023 Menjadi Ajang Bersih dan Hijau dengan Pengurangan Emisi Karbon yang Signifikan

Seperti yang kita ketahui, FIBA (International Basketball Federation) telah menjadi pusat perhatian selama berbulan-bulan ini dengan para penggemar bola basket di seluruh dunia menantikan perayaan yang spektakuler. Namun, dalam upaya untuk mengurangi dampak lingkungan dan mempromosikan kesadaran perubahan iklim, FIBA telah meluncurkan inisiatif pengurangan emisi karbon yang signifikan.

Dalam upaya mengurangi dampak karbon yang dihasilkan oleh perayaan FIBA, komite penyelenggara telah meluncurkan serangkaian kegiatan dan langkah-langkah berkelanjutan. Berkolaborasi dengan mitra strategis dan sponsor, FIBA berkomitmen untuk mencapai pengurangan emisi karbon hingga 50% selama periode perayaan. Dalam kegiatan Mangrove Jakarta COmmunity digandeng untuk membantu melaksanakan program kick off tersebut dengan melakukan penanaman mangrove jenis Rizhopora Mucronata sebanyak 56 pohon di Ekowisata Mangrove PIK tanggal 22 Agustus 2023.

Salah satu program terpenting adalah Kampanye Pengurangan Emisi Karbon yang bertujuan untuk merangsang kesadaran publik tentang pentingnya tindakan individu dalam mengurangi dampak karbon kepada lingkungan. Kampanye ini akan melibatkan para penggemar, pemain, dan seluruh jajaran staf FIBA dalam melakukan tindakan yang dapat mengurangi emisi karbon sehari-hari.

Selain itu, FIBA juga telah berkolaborasi dengan produsen mobil listrik terkemuka untuk menyediakan kendaraan ramah lingkungan sebagai sarana transportasi resmi para pemain dan tamu VIP selama perayaan. Dengan menggantikan penggunaan kendaraan berbahan bakar fosil, FIBA berharap dapat mengurangi emisi gas rumah kaca yang dihasilkan oleh transportasi dari dan ke tempat perayaan.

Selain langkah-langkah tersebut, FIBA juga menggandeng Badan Lingkungan PBB untuk mengkompensasi sisa emisi karbon yang tidak bisa dihindari dengan melakukan reforestasi di wilayah sekitar perayaan. Program ini bertujuan untuk menjaga keselarasan antara pengurangan emisi karbon dan pemulihan lingkungan melalui penanaman pohon dan pelestarian hutan.

Paundra Hanutama selaku Founder dari komunita sini menjelaskan, “Perayaan FIBA adalah momen penting bagi cinta kita terhadap bola basket, namun, kita semua memiliki tanggung jawab untuk menjaganya agar sejalan dengan perlindungan lingkungan kita. Kami merasa sangat terhormat bisa diajak mejadi bagian progtam ini and agen perubahan positif dan mengilhami komunitas bola basket internasional dan pencinta olahraga lainnya untuk berpartisipasi dalam upaya perlindungan lingkungan.”

Dengan kick off kegiatan pengurangan emisi karbon, FIBA berharap dapat menginspirasi organisasi olahraga lainnya dan mengubah perayaan menjadi ajang yang bersih, hijau, dan berkelanjutan bagi seluruh dunia.

Related posts

Mangrove, the hero plant to save the world!

admin

[Ind] Mangrove di Jakarta? Untuk apa?

editorweb

Oakwood Hotel & Apartments Taman Mini Jakarta, Peringati Hari Pendidikan Lingkungan Hidup Internasional 2024

editorweb

Leave a Comment