Green Update

[Ind] Melibatkan Generasi Muda, Komunitas Karbon Biru Berkolaborasi Dengan Mangrove Jakarta Menanam Mangrove dan Lamun di Pulau Tidung Kecil.

Pada tanggal 2 Oktober 2021, Komunitas Carbon Youth Initiative dan Mangrovejakarta.id melakukan penanaman bibit mangrove dan lamun di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Jakarta. Kegiatan peduli lingkungan ini mengundang beberapa siswa Sekolah Menengah Kejuruan 61 Jakarta di Pulau Tidung. Pelaksanaan kegiatan ini menerapkan protokol kesehatan ketat dengan mewajibkan semua peserta memakai masker, mengunakan hand sanitizer dan juga menjaga jarak. Semua partisipan diwajibkan untuk melakukan test antigen sebelum kegiatan ini dimulai guna menghindari penyebaran virus Covid-19.

Kegiatan penanaman mangrove dan lamun ini didukung oleh Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Provinsi Jakarta di Pulau Tidung Kecil. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran perlingungan ekosistem pesisir, utamanya mangrove dan lamun dalam upaya pencegahan dampak perubahan iklim bumi.

Total terdapat delapan partisipan yang membantu dalam melakukan penanaman 1000 bibit mangrove dan 50 bibit lamun di pesisir Pulau Tidung Kecil. Penanaman dimulai dengan melakukan persiapan bibit mangrove dan lamun. Kemudian, bibit dipindahkan ke lokasi tanam. Sementara itu, dilakukan persiapan galian untuk menanam bibit mangrove dan lamun. Sebelum melakukan penanaman, perwakilan DKPKP memberikan pengetahuan terkait mangrove dan lamun kepada siswa Sekolah Menengah Kejuruan 61 Jakarta.

“Perubahan iklim sudah di depan mata, maka aksi nyata melalui rehabilitasi mangrove lamun harus segera dilakukan dan pada kesempatan kali ini kami melakukan kegiatan menanam mangrove dan lamun di Pulau Tidung Kecil”. Ucap Willy Angraini selaku penerima grant SOA Microgrant dan pelaksana kegiatan penanaman.

“Kegiatan rehabilitasi seperti ini sangat baik dilakukan secara berkelanjutan dengan melibatkan generasi muda sehingga perubahan iklim bisa dikurangi. Kami ucapkan terima kasih atas aksi nyata dari kedua komunitas untuk komitmen dan usahanya menjaga bumi dengan menanam mangrove dan lamun di Pulau Tidung Kecil ini” tutur Bayi Sudiana (PJLP/Anggota Divisi Mangrove).

Related posts

[Ind] Manfaat ‘Sang Pahlawan Pesisir’ bagi Lingkungan

editorweb

[Ind] Mangrove di Jakarta? Untuk apa?

editorweb

Peringati Hari Maritim Nasional 2021, Mangrove Jakarta Wujudkan Lingkungan Asri Dengan Menanam 10,000 Bibit Mangrove

editorweb

Leave a Comment