Green Update

Menanam 80 Bibit Mangrove Bersama Medtronic Indonesia dan Komunitas Mangrove Jakarta

Indonesia merupakan negara kepulauan yang tersusun dalam ribuan pulau besar dan kecil dan juga memiliki luasan kawasan hutan mangrove terbesar di dunia. Berdasarkan Peta Mangrove Nasional yang resmi dirilis oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tahun 2021, diketahui bahwa total luas mangrove Indonesia kurang lebih 3,4 juta. Selain itu, Indonesia juga merupakan salah satu negara yang memiliki kekayaan hayati yang paling banyak.

Dalam rangka melestarikan lingkungan hidup khususnya ekosistem mangrove yang mana menurut beberapa sumber seperti CIFOR menyatakan bahwa keberadaan vegetasi mangrove di sekitar kawasan pantai di Indonessia semakin menurun, Medtronic Indonesia bersama Komunitas Mangrove Jakarta terpanggil untuk mengelar aksi peduli lingkungan dan  ingin menunjukkan bentuk peduli nyata terhadap ekosistem mangrove dengan harapan melalui kegiatan ini dapat  melestarikan kawasan mangrove sebagai usaha yang sangat baik untuk menstabilkan kondisi lingkungan dan menyelamatkan semua habitat di hutan mangrove.

Mangrove Planting 2022 adalah bentuk kolaborasi untuk berkerja sama membuat suatu gerakan penanaman 80 bibit mangrove di Ekowisata Mangrove PIK pada tanggal 25 Juni 2022 untuk membangun kesadaran setiap individu terlebih para karyawan dan segenap manajemen dari Medtronic Indonesia akan pentingnya ekosistem mangrove bagi lingkungan hidup dan juga manusia.

Aksi peduli lingkungan selain melibatkan Komunitas Mangrove Jakarta, Medtronic Indonesia, juga mengundang volunteer dari beberapa kalangan untuk menyatukan tangan membantu penanaman mangrove ini. Kegiatan ini dilaksanakan terdiri dari dua tahap dimana tahap pertama berupa penyuluhan yang dilakukan oleh Komunitas Mangrove Jakarta. Para peserta dibekali edukasi mengenai ekosistem mangrove dan manfaatnya serta bagaimana cara menanam mangrove yang baik dengan mengunakan sistem tanam berjarak. Tahap kedua adalah terjunnya langsung menanam bibit ke area yang sudah disiapkan.

“Kami sangat senang dan bersemangat saat tim dari Medtronic Indonesia menhgubungi komunitas kami untuk melakukan kolaborasi dan saya harap aksi baik untuk alam ini menjadi contoh kepada para perusahaan lain,” Ujar Bayu Pamungkas selaku Co-founder Komunitas Mangrove Jakarta. “Semoga kebaikan ini mejadikan berkah buat Medtronic Indonesia”. Tutupnya.

Related posts

Komunitas Mangrove Jakarta Menginspirasi Kreativitas Berkelanjutan melalui Workshop Fashion di GWN Expo 2023

editorweb

Melestarikan Ekosistem Mangrove: Pentingnya Pembangunan Berkelanjutan dan Perencanaan Tata Ruang

editorweb

PT DBS Vickers Sekuritas Indonesia Bersama Mangrove Jakarta Community Melakukan Penanaman 100 Mangrove Jenis Rhizophora Mucronata Demi Keberlanjutan Lingkungan

editorweb

Leave a Comment