Green Update

KSK Insurance Indonesia Menanam 300 Bibit Mangrove Berkolaborasi dengan Komunitas Mangrove Jakarta

Menurut data di kkp.go.id, luas hutan mangrove dunia 16.530.000 hektare dan 20% atau sekitar 3.490.000 hektare ada di Indonesia. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang berkontribusi sangat besar pada perubahan iklim dunia. Presiden Joko Widodo pada pidato kenegaraannya saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perubahan Iklim COP26, menyampaikan bahwa Indonesia akan dapat berkontribusi lebih cepat dalam menangani nett zero emission dunia.

Sejalan dengan visi Pemerintah, PT. KSK Insurance Indonesia (KSK Insurance) berkolaborasi dengan Komunitas Mangrove Jakarta dalam rangka melestarikan lingkungan hidup ekosistem mangrove dengan menanam 300 bibit mangrove di kawasan Ekosistem Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK) – Jakarta, pada Sabtu, 25 Juni 2022.

Aksi sosial yang diinisiasi KSK Insurance sebagai bentuk peduli lingkungan dan bentuk kesadaran segenap manajemen beserta para karyawan akan pentingnya ekosistem mangrove bagi lingkungan hidup dan juga manusia. Maka KSK Insurance melakukan aksi #KSKPeduliLingkungan. Seperti diketahui, mangrove, maka dapat menyimpan emisi karbon 4-5 kali lipat lebih banyak daripada hutan tropis daratan sehingga akan berkontribusi besar pada penyerapan emisi karbon.

Sebagai komunitas yang berkonsentrasi pada mangrove, Komunitas Mangrove Jakarta menjadikan kegiatan ini semakin menarik sehingga disambut antusias oleh seluruh karyawan beserta keluarga dari karyawan KSK Insurance. Pasalnya, kegiatan ini dilaksanakan terdiri dari dua tahap, Pertama berupa penyuluhan yang dilakukan oleh Komunitas Mangrove Jakarta. Para peserta dibekali edukasi mengenai ekosistem mangrove dan manfaatnya serta bagaimana cara menanam mangrove yang baik dengan mengunakan sistem tanam berjarak. Kedua seluruh karyawan beserat keluarga dari karyawan KSK Insurance terjun langsung menanam bibit ke area yang sudah disiapkan.

“Saya turut bahagia dengan kehadiran anak-anak dari keluarga karyawan, sebagai orang tua kita sudah mengajarkan hal baik sejak dini yaitu menanam mangrove, ini merupakan sebagai salah satu cara menyelamatkan bumi. Mungkin ini bisa menjadi cerita mereka ketika masuk sekolah, mengingat saat ini mereka sedang libur sekolah. Semoga ini bisa bermanfaat untuk anak-anak pada masa mendatang,” ujar Dato’ Dr. Sharifuddin bin Abdul Wahab – President Director PT. KSK Insurance Indonesia, saat memberikan sambutan sebelum menanam mangrove, di Jakarta.

Related posts

Mangrove: Peran Vital sebagai Penyaring Air Tawar, Pengatur Siklus Air, dan Pelindung Kualitas Air di Wilayah Pesisir

editorweb

AAJI Peduli Bumi, Wujud Komitmen Industri Asuransi Jiwa Menjaga Lingkungan AAJI Tanam 2000 Bibit Mangrove dan Berikan Literasi Keuangan Pada Kelompok Nelayan

editorweb

Mangrove di Brasil: Kekayaan Ekologis Pantai Atlantik

editorweb

Leave a Comment