Green Update

Aksi Nyata Toyota Astra Finance Services dalam Melindungi Kawasan Mangrove di Pesisir Jakarta

Toyota Astra Finance Services bersama Komunitas Mangrove Jakarta melakukan penanaman bibit mangrove di Ekowisata PIK Jakarta sebanyak 50 bibit mangrove jenis Rhizopora Mucronata atau yang dikenal sebagai bakau pada hari Minggu, 19 Juni 2022. Kegiatan peduli lingkungan ini melibatkan kurang lebih 15 peserta yang merupakan aktivis muda dan aksi peduli lingkungan ini diharapkan bisa meminimalisir dampak perubahan iklim yang telah mempengaruhi berbagai aspek pada perubahan alam dan kehidupan manusia, seperti kualitas dan kuantitas air, habitat, hutan, kesehatan, lahan pertanian dan ekosistem wilayah pesisir.

Kegiatan diawali dengan penyambutan peserta oleh tim Mangrove Jakarta. Peserta menuju ke lokasi tanam dengan menempuh perjalanan yang menyuguhkan pemandangan hutan hijau nan sejuk dan juga monyet ekor panjang yang menjadi ciri khas hewan yang hidup di hutan mangrove. Pada kesempatan ini, founder Mangrove Jakarta, Paundra Hanutama, tak lupa memberikan sambutan hangat kepada seluruh peserta. Selain menyampaikan ucapan terima kasih, Paundra Hanutama juga berkesempatan untuk menjelaskan latar belakang mengenai komunitas Mangrove Jakarta. Perwakilan dari Toyota Astra Finance Services, Ratna Maulati Rahayu juga turut memberikan sambutan dan dilanjutkan dengan prosesi penyerahan plakat dan pemberian bibit mangrove sebagai simbolis kegiatan ini.

“Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh perhatian Management Trainee Toyota Astra Finance Services dengan isu lingkungan, sehingga diharapkan kami bisa memberikan kontribusi nyata terhadap kelestarian lingkungan” Ratna Maulati Rahayu, Head of Human Resource Department Toyota Astra Finance Services. “Kami harap ini kegiatan ini bisa berlangsung dengan baik dan berguna bagi perubahan alam yang baik dan kehidupan manusia’. Tutupnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan edukasi mengenai serba-serbi mangrove. Penyampaian materi dilakukan oleh mahasiswi IPB University, Ratna Suhita. Ratna Suhita menjelaskan pentingnya mangrove bagi lingkungan hingga manfaatnya bagi masyarakat pesisir secara ekonomi dan sosial. Tidak lupa Ratna Suhita juga menjelaskan mengenai teknik menanam mangrove kepada peserta.

Setelah pembekalan, peserta diarahkan untuk melakukan penanaman bibit mangrove  di area yang sudah disiapkan. Peserta terlihat sangat bersemangat dan antusias saat masuk kedalam lumpur sedalam betis orang dewasa. Peserta menerapkan pembekalan penanaman mangrove oleh Ratna sebelumnya dan 50 bibit mangrove berhasil ditanam dengan sangat baik.

“Acara penanaman kali ini sangat seru dan menarik. Kita belajar banyak hal tentang menjada lingkungan, khususnya ekosistem mangrove” ujar Nabila, salah satu peserta penanaman dari Toyota Astra Finance Services. Dukung Komunitas Mangrove  Jakarta dalam melakukan mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya konservasi mangrove dengan cara follow akun  instagram @mangrovejakarta.id. dan dapatkan update terbaru mengenai kegiatan komunitas dan  pengalangan dana melalui di www.kitabisa.com/mangrovejakartaid, donasi yang terkumpul akan digunakan sepenuhnya untuk kegiatan konservasi mangrove di Jakarta dan sekitarnya.

 

Related posts

1000 Bibit Bakau untuk Jakarta, Dedikasi Sony Group Indonesia untuk Kelestarian Alam Ibu Kota

editorweb

Belajar Konservasi Bersama Aktivis Konservasi Muda dari Tanah Sulawesi Tenggara

editorweb

Collaborative Talk Show Promotes Environmental Awareness and Action

editorweb

Leave a Comment