Green Update

Mangrove Jakarta Goes To School: Edukasi Anak Usia Dini Mengenai Kesadaran Lingkungan

Tahun 2023, Komunitas Mangrove Jakarta meluncurkan program “Mangrove Goes To School” dengan tujuan mengajarkan anak-anak tentang tanaman adalah cara yang efektif untuk menanam cinta terhadap lingkungan. Kegiatan ini diharapkan bisa membantu mereka dalam memahami pentingnya lingkungan bagi kesehatan dan kelestarian lingkungan. Melalui proses pembelajaran tentang tanaman, khususnya pohon mangrove, anak-anak dapat memahami pentingnya lingkungan bagi hidup manusia dan berbagai makhluk hidup lain. Mereka juga dapat belajar tentang proses tanam dan perawatan tanaman, sehingga mereka dapat menghargai usaha yang dilakukan untuk memelihara lingkungan. Dengan memperkenalkan anak-anak kepada lingkungan, diharapkan mereka akan semakin sadar dan peka terhadap kondisi bumi yang kita tempati ini.

Program ini merupakan bentuk kerjsama antara Komunitas Mangrove Jakarta dengan The Body Shop, dengan melakukan kegiatan perdana pada hari Senin tanggal 05 Februari 2023, Komunitas Mangrove Jakarta berkesempatan untuk melaksanakan kegiatan mengajar yang diselenggarakan di Sekolah Bisa powerd The Body Shop. Kegiatan ini dipandu oleh dua anggota dari Komunitas Mangrove  Jakarta, Fathimah Zahro, selaku Duta Mangrove Indonesia 2023 dan Soeltan Abdul Ghaffar. Mereka mengajarkan materi tentang pentingnya menjaga lingkungan dengan mengenalkan mereka terhadap tanaman yang ada di sekitar kita.

Selain itu, para pengajar tersebut memberikan pengetahuan kepada anak-anak sekolah dasar mengenai pengenalan cuaca dan iklim. Dengan adanya materi ini, diharapkan para siswa dapat memahami pentingnya mempelajari cuaca dan iklim dalam kehidupan sehari-hari, serta kaitannya dalam kondisi lingkungan.

 

“Saya merasa sangat senang dengan kegiatan yang dilakukan oleh Mangrovejakarta.id Community. Pihak sekolah pun mengaku merasa terbantu akan kehadiran para volunteer mengajar ini”. Ujar salah satu guru Sekolah BIsa. “Dengan begitu siswa-siswi dapat mendapatkan pengetahuan bagaimana menjaga lingkungan sekitar kita sedini mungkin”. Tutupnya.

 

“Kegiatan ini menjadi suatu terobosan baru yang segar, yang dapat dilakukan oleh Mangrovejakarta.id Community sebagai wujud kontribusi dalam konservasi lingkungan. Melalui pendidikan, masyarakat bisa mendapatkan pengetahuan bagaimana mengambil aksi nyata untuk membantu menyelamatkan lingkungan sekitar, terlebih pada anak-anak usia dini dan sekolah dasar”. Ucap Paundra Hanutama selaku Founder Komunitas Mangrove Jakarta. “Semoga kedepannya kami bisa melakukan lebih luas menjangkau seluruh sekolah dasar di Jakarta dan sekitarnya’. Tutupnya.

Related posts

Komitmen Oakwood Suites Kuningan Jakarta Dalam Menjaga Kelestarian Ekosistem Mangrove Pesisir Jakarta di Hari Mangrove Sedunia 2022

editorweb

Perayaan Ulang Tahun ke-165 PT Brinks Solution Indonesia dengan Penanaman 165 Mangrove Rhizophora Mucronata

editorweb

1000 Bibit Bakau untuk Jakarta, Dedikasi Sony Group Indonesia untuk Kelestarian Alam Ibu Kota

editorweb

Leave a Comment