Green Update

Peringati Lima Tahun Masa Bakti, Alumni Akpol Angkatan 2017 Melakukan Aksi Tanam 5000 Mangrove Bersama Komunitas Mangrove Jakarta Dan Pusat Budidaya Dan Konservasi Laut, Dinas Ketahanan Pangan Kelautan Dan Pertanian Provinsi Dki Jakarta

Dalam rangka memperingati lima tahun masa bakti, Alumni Akademi Kepolisian Angkatan 2017 Detasemen Hastadharan berkolaborasi dengan Komunitas Mangrove Jakarta dan Pusat Budidaya dan Konservasi Laut, Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta, melakukan aksi tanam mangrove yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 Juli 2022 di Pesisir Selatan Balai Benih Ikan Laut, Pulau Tidung Besar. Kegiatan peduli lingkungan ini diharapkan bisa memberikan kontribusi nyata dan dampak positif terhadap lingkungan melalui kegiatan penanaman dan juga kegiatan penyuluhan tentang manfaat mangrove untuk masyarakat pesisir.

Kegiatan peduli lingkungan ini dibagi menjadi dua kegiatan yaitu pembersihan sampah plastik di sekitar area penanaman mangrove dan juga penanaman 5000 mangrove jenis Rhiziphora Stylosa. Kegiatan ini diketuai dan digagas oleh Pinilih Waluyo Jati selaku Ketua Paguyuban Alumni Akademi Kepolisian Angkatan 2017 tersebut berlangsung dan difokuskan di area yang membutuhkan lahan penghijauan di Pulau Tidung Besar. Rangkaian acara penanaman diawali dengan pembekalan seputar penjelasan fungsi dan pentingnya penanaman pohon mangrove yang dijelaskan oleh Bayu Pamungkas selaku Co-Founder Mangrove Jakarta juga aktivis lingkungan.

“Alasan kami menanam pohon mangrove, karena mangrove merupakan pohon yang mempunyai banyak manfaat baik dari segi fisik yaitu sebagai benteng atau pemecah ombak serta mencegah terjadinya tsunami, segi biologi yaitu ekosistem mangrove sabagai tempat perlindungan dan tumbuh kembang hewan seperti ikan, udah dan banyak lagi. Dan tentunya dari segi ekonomi yaitu bahwa bagian-bagian mangrove bisa dimanfaatkan menjadi sirup, gula, batik dan lain-lain” Ucap Pinilih Waluyo Jati selaku Ketua Paguyuban Alumni Akademi Polisi Angkatan 2017. “Semoga kegiatan kami bersama teman-teman Alumni AKPOL Angkatan 2017 bisa berjalan lancer dan dapat menyumbang mencegah terjadinya perubahan iklim”. Tutupnya.

Selain di Jakarta, aksi peduli lingkungan penanaman Mangrove yang dilaksanakan oleh Alumni Akademi Kepolisian Angkatan 2017 juga dilaksanakan serentak di beberapa daerah, yaitu Jambi, Riau, Sulawesi Tenggara, dan Kalimantan Tengah. Pelaksanaan ini juga untuk mendukung salah satu program G20 terkait Sherpa Track bidang lingkungan.

Informasi lebih lanjut  mengenai keikutsertaan dan kerjasama, dapat mengikuti sosial media Instagram @mangrovejakarta.id dan mengunjungi website www.mangrovejakarta.id atau donasi bisa dilakukan melalui platform https://kitabisa.com/campaign/mangrovejakartaid

Related posts

Kontribusi Nyata PT. KAI Logistik Dalam Menjaga Kelestarian Ekosistem Pesisir Jakarta

editorweb

Mangroves, The Guardian of The Sea

editorweb

Ancaman Serius Bagi Hutan Mangrove: Kegiatan Ilegal Pertambakan di Indonesia

editorweb

Leave a Comment