Green Update

Upaya Komunitas Mangrove Jakarta dan Toyota Astra Finance Memajukan UMKM Indonesia

Keterlibatan UMKM sangat berpengaruh untuk meningkat atau menurunnya pertumbuhan ekonomi di Indonesia.  Sesuai dengan UUD 1945 pasal 33 ayat 4, UMKM merupakan bagian dari perekonomian nasional yang berwawasan kemandirian dan memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. UMKM memiliki peran yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi negara. Didukung pula dengan data dari Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM saat ini mencapai 64,19 juta dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,97% atau senilai 8.573,89 triliun rupiah. Kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia meliputi kemampuan menyerap 97% dari total tenaga kerja yang ada serta dapat menghimpun sampai 60,4% dari total investasi.

 

Pada kesempatan kali ini, Komunitas Mangrove Jakarta yang dipimpin oleh Paundra Hanutama dan didukung oleh aktifis muda yang peduli terhadap isu-isu lingkungan hidup khususnya turunnya luasan mangrove di Indonesia Bersama Toyota Astra Finance menyatukan tangan dan turun langsung membantu UMKM yang berbasis olahan mangrove dalam mengenalkan dan jual memasarkan produk olahan tersebut. Berbagai cara dilakukan baik cara offline maupun online. Strategi pemasaran produk mangrove sendiri dengan cara memperkenalkan produk secara langsung dan lebih luas ke masyarakat. sehingga diharapkan penjualan akan meningkat, atau paling tidak masyarakat mengetahui benefit ekonomis dari ekosistem mangrove.

“Ini adalah langkah kongkrit kami untuk mengenalkan olahan mangrove kepada masyarakat secara langsung melalui pameran, bazaar dan juga penyuluhana, tak lupa juga, setiap kegiatan penanaman mangrove, tim Komunitas Mangrove Jakarta selalu memberikan edukasi tentang benefit ekosistem mangrove terhadap lingkungan dan manusia”. Ucap Paundra Hanutama selaku Founder Komunitas Mangrove Jakarta. “ Kami ucapkan banyak terima Toyota Astra Finance yang peduli terhadap perkembangan dan pengenalan olahan mangrove ini dan semoga kegiatan dan inisif ini bisa membantu memajukan UMKM di Indonesia’. Tutupnya.

Dukung Komunitas Mangrove Jakarta dalam melakukan mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya konservasi mangrove dengan cara follow akun instagram @mangrovejakarta.id. dan dapatkan update terbaru mengenai kegiatan komunitas dan pengalangan dana melalui di www.kitabisa.com/mangrovejakartaid, donasi yang terkumpul akan digunakan sepenuhnya untuk kegiatan konservasi mangrove di Jakarta dan sekitarnya.

 

Related posts

Mangrove di Brasil: Kekayaan Ekologis Pantai Atlantik

editorweb

Edukasi Hukum Dan Konservasi Mangrove Dalam Kelestarian Ekosistem Pesisir Tangerang

editorweb

Collaborative Talk Show Promotes Environmental Awareness and Action

editorweb

Leave a Comment