Green Update

Peringati Hari Maritim Nasional 2021, Mangrove Jakarta Wujudkan Lingkungan Asri Dengan Menanam 10,000 Bibit Mangrove

Selain menjaga kesehatan bagi tubuh ditengah pandemi ini, hal lain yang perlu diperhatikan adalah untuk tetap menjaga lingkungan hidup. Indonesia dikenal sebagai negara yang dikelilingi oleh lautan yang berada diantara dua benua dan dua samudra atau yang dikenal sebagai negara maritim. Dikenal dengan negara yang dikelilingi lautan, Mangrove Jakarta kembali memanfaatkan alam sebagai tempat untuk membesarkan tanaman mangrove tepat pada hari Maritim Nasional 23 September 2021.

Bekerjasama dengan Pusat Budidaya dan Konservasi Laut (PBKL) Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta, Mangrove Jakarta Community kembali melakukan penanaman di Pulau Tidung Kecil pada tanggal 2 September 2021. Adapun manfaat dari penanaman mangrove adalah mencegah abrasi dan erosi, menjaga iklim dan cuaca, mencegah pemanasan global, dan dapat menjadi salah satu daerah wisata untuk meningkatkan kesadaran para pengunjung akan pentingnya pohon mangrove. Dalam kegiatan ini, komunitas yang diketuai oleh Paundra Hanutama ini melakukan penanaman sebanyak 10,000 bibit mangrove dengan tetap melakukan protokol kesehatan yang ketat.

 

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatlak) PBKL Dinas KPKP DKI Jakarta, Cecep Hermawan mengatakan, penanaman mangrove tersebut terealisasi melalui kolaborasi dengan komunitas anak muda yang tergabung dalam Mangrovejakarta.id. “Penanaman mangrove ini sekaligus menjadi sarana edukasi dan menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan dan ekosistem laut dan kami lakukan upaya untuk mitigasi perubahan iklim melalui pemanfaatan blue carbon pada ekosistem pesisir di Kepulauan Seribu,” ujarnya. Menurutnya, melalui penanaman mangrove tersebut Dinas KPKP DKI Jakarta berupaya untuk merehabilitasi ekosistem di pesisir dan pulau-pulau kecil guna meningkatkan keseimbangan pesisir dan laut yang ada di Kepulauan Seribu dan wilayah pesisir DKI Jakarta pada umumnya.

 

“Sudah menjadi kewajiban bagi kami untuk mendedikasikan hidup kami dengan melestarikan alam melalui penanaman pohon mangrove.” Ucap Paundra Hanutama selaku pendiri komunitas Mangrove Jakarta. “Besar harapan kami, kegiatan ini memberikan dampak positif bagi setiap makhluk hidup. Karena dengan kita menanam pohon mangrove, kita sudah berkontribusi dalam pencegahan bencana alam.” Lanjutnya. Komunitas yang sudah berdiri sejak tahun 2020 dan mendapatkan penghargaan sebagai KitaBisa Hero dari www.kitabisa.com ini juga mengajak setiap pembaca untuk dapat berkontribusi melalui donasi di www.kitabisa.com ataupun dengan melakukan penanaman secara langsung.

 

Informasi lebih lanjut dan kerjasama dapat mengunjungi website www.mangrovejakarta.id atau mengikuti sosial media Instagram @mangrovejkt.id.

Written by Eva Kusumawati

Edited by Paundra Hanutama

 

Related posts

Coral reefs need your hand!

admin

[Ind] Mangrove – Pencegah Bencana Alami

editorweb

[Ind] Melibatkan Generasi Muda, Komunitas Karbon Biru Berkolaborasi Dengan Mangrove Jakarta Menanam Mangrove dan Lamun di Pulau Tidung Kecil.

editorweb

Leave a Comment